Tugas Teknologi Informasi dan
Komunikasi
(CorelDRAW)
Oleh:
Nama: Ni Putu Ayu
Ratih Pinarisraya
Absen: 08
Kelas: XI MIA 10
SMA NEGERI 7 DENPASAR
Tahun Pelajaran 2013 – 2014
KATA
PENGANTAR
Om Swastyastu,
Puji syukur kehadapan Tukan Yang
Maha Esa karena atas berkat rahmat beliau saya dapat menyelesaikan tugas TIK makalah
tentang CorelDRAW.
Apa
yang tersurat dan tersirat didalam lembar makalah ini untuk siswa kelas XI SMA diharapkan
dapat membantu dan dipergunakan oleh para siswa sebagai pedoman untuk membelajari
dan menganalisis Dasar Komputer dan sebagai
upaya untuk meningkatkan kemampuan dan memotivasi mahasiswa dalam menyusun
karya tulis.
Demikian
paper ini saya rangkum agar dapat dipahami. Untuk kesempurnaan makalah ini saya
mohon saran dan kritik dari semua pihak yang membaca makalah ini. Semoga segala
pikiran yang baik datang dari segala penjuru dan semoga makalah ini bermanfaat bagi kita
semua. Akhir kata saya ucapkan paramasanthi “om santhi, santhi, santhi, om”
Penulis
Denpasar,
22 Agustus 2014
BAB I
PENDAHULUAN
A.
LATAR
BELAKANG MASALAH
Pada era globalisasi seperti sekarang ini
kemajuan teknologi berkembang sangat pesat dan membantu manusia berinteraksi
satu sama lain tanpa dibatasi oleh jarak dan waktu. Kemudahan yang diberikan
oleh teknologi mencakup berbagai aspek kehidupan, mulai dari bisnis hingga
pendidikan. Teknologi sangat berperan penting dalam membantu setiap kebutuhan
manusia salah satunya yaitu komputer.
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data
menurut prosedur yang telah dirumuskan. Membantu setiap pekerjaan manusia,
menjadi tempat ketergantungan hampir semua manusia didunia. Komputer mempunyai
beberapa perangkat yaitu perangkat keras atau hardware, perangkat lunak atau
software dan brainware.
Nama lain software adalah perangkat lunak. Seperti nama
lainnya itu, yaitu perangkat lunak, sifatnya pun berbeda dengan hardware atau
perangkat keras, perangkat keras adalah nyata yang dapat dilihat dan
disentuh oleh manusia, sedangkan software tidak dapat dilihat dan disentuh
secara fisik, software memang tidak tampak secara fisik dan tidak berwujud
benda tapi bisa dioperasikan.Rangkaian prosedur dan dokumentasi program yang berfungsi
menyelesaikan masalah yang dikehendaki. Merupakan data elektronik yang
disimpan sedemikian rupa oleh komputer itu sendiri, data yang disimpan ini
dapat berupa program atau instruksi yang dijalankan oleh perintah,
maupun catatan-catatan yang diperlukan oleh komputer untuk mejalankan
perintah yang dijalankannya inilah fungsi dari perangkat lunak atau software.
Diperangkat ini terdapat program aplikasi grafis berbasis vektor yaitu
CorelDraw.
Software CorelDRAW digunakan rata-rata untuk
membuat garis-garis vector, contohnya logo. Dengan kelengkapan tools
dari software ini, juga controlnya pun lebih nyaman, mendesain logo vector
menjadi lebih mudah. Begitu pesat berkembangnya teknologi komputer, yang
terutama pada perangkat lunak, mau tidak mau kita juga harus mengikuti
perkembangannya.
A. Rumusan Masalah
1.
Apa
itu perangkat lunak atau SoftWare ?
2.
Apa
itu coreldraw ?
3. Bagaimana sistem operasi dari
corelDraw ?
B. Tujuan penulisan
1.
Supaya
pembaca mengerti apa itu perangkat lunak.
2. Agar pembaca dapat mengetahui
tentang operasi coreldraw.
C. Manfaat Penulisan
1.
Agar
kita lebih mengetahui tentang Desain Grafis.
2. Memahami lebih lanjut tentang
CorelDraw.
D. Sistem Penulisan
Sistematika
yang digunakan untuk makalah ini mengacu pada standar umum penulisan makalah.
Dengan sistematika sebagai berikut:
BAB
I
Meliputi
latar belakang, rumusan masalah, tujuan, manfaat penulisan dan sistematika
penulisan.
BAB
II
Berisi
tentang pembahasan
BAB
III
Merupakan
penutup yang berisi simpulan dan saran.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
SOFTWARE atau Perangkat lunak
Software
komputer adalah
sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data
elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi
yang akan menjalankan suatu perintah. Melalui sofware atau
perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah.
a) Karakteristik
perangkat lunak :
1.
Perangkat Lunak merupakan suatu produk,
sekaligus sarana untuk membangun suatu produk. Perangkat Lunak dibangun dan
dikembangkan (engineered, not
manufactures). Berbeda dengan perangkat keras (hardware), Perangkat
lunak dibuat dengan suatu perancangan yang kemudian setelah jadi dapat
dikembangkan lebih lanjut. Biaya untuk Perangkat Lunak dikonsentrasikan pada
pengembangan.
2.
Perangkat Lunak tidak pernah usang (wear
out) namun memburuk (deteriorate). Perangkat Lunak tidak pernah
usang karena adanya perawatan memungkinkan pengembangan Perangkat Lunak untuk
menyesuaikan dengan kebutuhan baru. Namun sekali Perangkat lunak rusak, maka tidak dapat diganti
dengan Perangkat lunak lain, namun harus dilakukan pembuatan ulang karena tidak
ada suku cadang dalam Perangkat Lunak (berbeda dengan hardware).
3.
Sampai saat ini kebanyakan Perangkat
masih dibuat menurut pesanan (custom built).
b) Software
atau perangkat lunak komputer berdasarkan distribusinya dibedakan menjadi
beberapa macam, yaitu:
1.
Software berbayar merupakan
perangkat lunak yang didistribusikan untuk tujuan komersil, setiap pengguna
yang ingin menggunakan atau mendapatkan software tersebut dengan cara membeli
atau membayar pada pihak yang mendistribusikannya. pengguna yang menggunakan
software berbayar umumnya tidak diijinkan untuk menyebarluaskan software
tersebut secara bebas tanpa ijin ada penerbitnya. contoh software berbayar ini
misalnya adalah sistem microsoft windows, microsoft office, adobe photo
shop, dan lain-lain.
2.
Freeware atau perangkat
lunak gratis
adalah perangkat lunak komputer berhak cipta yang gratis digunakan tanpa
batasan waktu, berbeda dari shareware yang mewajibkan penggunanya membayar
(misalnya setelah jangka waktu percobaan tertentu atau untuk memperoleh fungsi
tambahan). Para pengembang perangkat gratis seringkali membuat perangkat gratis
freeware“untuk disumbangkan kepada komunitas”, namun juga tetap ingin
mempertahankan hak mereka sebagai pengembang dan memiliki kontrol terhadap
pengembangan selanjutnya. Freeware juga didefinisikan sebagai program
apapun yang didistribusikan gratis, tanpa biaya tambahan. Sebuah contoh utama
adalahsuite browser dan mail client dan Mozilla News,
juga didistribusikan di bawah GPL (Free Software).
3. Free Software lebih
mengarah kepada bebas penggunaan tetapi tidak harus gratis. Pada kenyataannya,
namanya adalah karena bebas untuk mencoba perangkat lunak sumber terbuka (Open
Source) dan di sanalah letak inti dari kebebasan: program-program di bawah GPL, sekali diperoleh dapat
digunakan, disalin, dimodifikasi dan didistribusikan secara bebas. Jadi free
software tidak mengarah kepada gratis pembelian tetapi penggunaan dan
distribusi. Begitu keluar dari lisensi kita dapat menemukan berbagai cara untuk
mendistribusikan perangkat lunak, termasuk freeware, shareware atau Adware. Klasifikasi ini mempengaruhi cara di
mana program dipasarkan, dan independen dari lisensi perangkat lunak mana
mereka berasal.
B.
Mengenal CorelDraw
1. Pengertian
dan Sejarah CorelDraw
Corel
Draw merupakan suatu program aplikasi grafis berbasis vektor yang memungkinkan
seseorang membuat sebuah karya seni profesional, mulai dari yang simpel seperti
logo sederhana hingga ilustrasi teknis yang rumit atau kompleks dengan
pemrosesan visual.
CorelDraw
sejak awal dikembangkan untuk Windows dan
saat ini dapat berjalan pada Windows 2000 dan versi selanjutnya. Versi untuk Mac OS
dan Mac OS X ada awalnya juga tersedia, namun dihentikan karena minimnya
penjualan. Versi Mac OS hanya berlanjut sampai versi 5.0. Versi terakhir ntuk
Linux terakhir dibuat tahun 2000. Corel pada Linux tidak berjalan langsung di
atas platform, namun harus menggunakan Wine, semacam crossover seperti yang
digunakan untuk meng-install Photoshop pada Linux.
Pada
1985, Dr. Michael Cowpland mendirikan Corel untuk menjual sistem
desktop-publishing berbasis Intel. Pada 1987, Corel merekrut beberapa
pengembang software (programmer) untuk membangun sebuah software grafis
berbasis vektor untuk dijadikan satu dengan paket desktop-publishing Corel.
Program itu, yang akhirnya diberi nama CorelDraw, pertama kali diluncurkan ada
1989. Programitu diterima luas oleh masyarakat dan pada akhirnya corel hanya
focus pada pengambangan software. CorelDraw dibuat utk Windows bersamaan dengan
diluncurkanya Windows 3.1. dengan dimasukkannya TrueType ke dalam Windows 3.1 menjadikan
Corel sebagai program ilustrasi yang mampu menggunakan fonts yang ada tanpa
membutuhkan software tambahan seperti Adobe TypeWriter.
Beberapa inovasi untuk ilustrasi berbasis vektor pada CorelDraw : Note-edit
tool, stroke before fill, mesh fill dan sebagainya.
CorelDraw
memiliki perbedaan mencolok dibandingkan kompetitornya. Yang pertama bahwa
CorelDraw adalah suatu paket software grafis, bukan hanya sebuah editor gambar
berbasis vektor. Peralatan – peralatan yang ada memungkinkan penggunanya untuk
mengatur kontras, keseimbangn warna bahkanmengubah dari mode RGB (Red Green
Blue) menjadi CMYK (Cyan Magenta Yellow). Khusus untuk gambar bitmap dapat
diubah dengan Corel PhotoPaint. Pesaing utama CorelDraw adalah Adobe
Illustrator dan Xara Extreme. Meskipun mereka semua juga program editor gambar
berbasis vector, namun pengalaman pengunanya dapat menghasilkan perbedaan yang
mencolok.
2. Keunggulan
dari setiap versi :
Versi 2 (1991) :Envelope Tool (untuk memecah
teks atau objek menggunakan shape utama), Extrusion (untuk mensimulasi gambar
dan volume dalam objek) dan Perspective (untuk memecah objek sepanjang X dan Y
).
Versi 3 (1992) :Terdapat Corel PHOTO PAINT(untuk
mengedit bitmap), CorelSHOW (untuk membuat on-screen presentation), CorelCHART
(untuk Graphic Chart), Mosaic dan CorelTARCE (untuk vectorizing bitmaps).
Versi 4 (1993) :Termasuk Corel-PHOTO PAINT* (untuk mengedit
bitmap), CorelSHOW (untuk membuat on-screen presentation), CorelCHART,
CorelMOVE, Mosaic dan CorelTARCE.
Versi 5 (1994) :Ini adalah versi terakhir yang dibuat dan
berjalan pada windows 3.x. Termasuk Corel Ventura yang ada di dalamnya (lalu
dijual terpisah) ini adalah desktop publishimg yag mirip dengan PageMaker,
Quark Exspress, atau InDesign.
Versi 6 (1995) :Ini adalah versi pertama yang mana dibuat
se-eksklusif mungkin untuk windows 32-bit. Termasuk Corel Memo, Corel Presents,
Corel Motion 3D, Corel Depth, Corel Multimedia Manager, Corel Font
Master dan Corel DREAM (untuk membuat objek 3D) ada didalamnya. Fitur-fitur
baru telah disesuaikan dengan Interface. Polygon, Spiral, Knife dan
Eraser tools.
Versi 7 (1997) : Properti bar yag sensitif (Context-sensitif
Property bar), Print Previewdengan Zoom dan Pan, Scrapbook (untuk
melihat, menggeser dan menempatkan objek), mencetak ke dalam HTML, Draft dan
Enhanced display, Interactive Fill dan Blend tools, Transparency tools, Natural
Pen tool, mencari & mengganti wizard, merubah vector menjadi bitmap
(ketika dalam CorelDRAW), pengecek ejaan (Spell checker), Kamus (Thesurus) dan
pengecek susunan bahasa (Grammar checker), Corel Scan dan Corel Barista
(dokumen pertukaran format berbasisjava) juga termasuk dalam versi ini.
Versi 8 (1998) :Digger selection, dudukan windows (Docker
Windows), memecah teks atau objek (Interactive Distortion), 3D, Envelope dan
tools, efek pemberi bayangan yan realistis (Realistic Dropshadow tool),
pencampuran warna (Interactive color mixing), penyusun tempat- tempat warna
(color palette editor), garis bantu sebagai objek (guidelines as object),
merubah ukuran halaman (custom-sized pages), duonote support. Corel Version
juga termasuk didalamnya.
Versi 9 (1999) :Mesh fill tool untuk pencampuran warna yang
lebih kompleks, Artistic Media tool, mencetak kedalam PDF, menyatukan profile
warna ICC ( embedded ICC color profiles ), Multiple on-screen color palette dan
Microsoft Visual Basic untuk mendukung aplikasi 6. Canto Cumulus LE, bagian
dari software untuk pengaturan media juga termasuk dalam versi ini.
Versi 10 (2000) :CorelR.A.V.E (untuk animasi vector), Perfect Shapes,
Web Graphictools(untuk membuat elemen-elemen yang interaktif
seperti tombol), penyortir halaman (Page sorter), dokumen multibahasa
(multilingual document support), petunjuk window (navigator window), buka,
simpan, import dan eksport dalam format SVG.
Versi 11 (2002) :Kumpulan simbol-simbol (symbol library), yang
langsung dapat diambil, memotong gambar (untuk mendesain web),
pressure-sensitive vector brushes, 3 titik alat menggambar (3-point drawing
tools).
Versi 12 (2003) :Panduan yang dinamis (Dynamic guides), alat menggambar
pintar ( Smart Drawing Tool), mengekspor kedalam Microsoft Office atau Word,
bagian alat penghapus virtual (Virtual Segment Delete tool), mendukung teks
yang Unicode (Unicode text support),Unicode adalah system yang
memiliki kemamuan untuk menuliskan, memproseskan, dan menampilkan berbagai dari
aktifitas dari tulisan itu sendiri. Teknologi ini diharapkan dapat
menyelesaikan masalah penulisan dengan bahasa yang ditulis bukan
menggunakan bahasa Yunani.
Versi 13 (2006) : Memotong dengan mengklik 2 kali ( software vector
pertama yang mampu untuk memotong sebuah grup vektor dan bitmap dalam waktu
yang sama ), Smart fill tool, Chamfer/Fillet/Scallop/Embosstool, ruang
pengaturan gambar (Image Adjustment Lab). Menjiplak/Trace menjadi terintegrasi
di dalam CorelDRAW dibawah kendali PowerTRACE.
Versi 14 (2008) : Layanan pengidentifikasi huruf (font) terkait
didalam CorelDRAW, ConceptShare, Table tool, independent page layers, live text
formatting mendukung file kamera*.RAW.
Versi 15 (2010) : Pengaturan isi (CorelCONNECT), pengelolaan warna,
alat-alat grafis dan animasi, pengembangan kinerja multi-core, konten digital
bernilai tinggi (professional huruf/font, clip art, dan foto-foto),
mengisyaratkan objek (object hinting), pixel view, Mesh tool ditingkatkan
dengan transparasi, menambahkan dukungan sentuh (added touch support), dan
mendukung berbagai format file. Corel telah mengembangkan transformasi yang
mana dapat membuat banyak salinan dari satu objek.
Fasilitas
Dasar CorelDRAW
Quick
Start
pertama kali perangkat lunak
CorelDRAW diaktifkan, sistem akan menampilkan kotak dialogwelcome. Pada
kotak dialog ini, lembar proses yang dapat diaktifkan, yaitu:
- quick start: aplikasi ini dapat membantu untuk mempermudah mempersiapkan
ruang perancangan grafis baru atau pengubahan rancangan grafis yang pernah
dibuat sebelumnya.
- what’s new: aplikasi yang menginformasikan fasilitas baru yang
disediakan pada perangkat lunak CorelDRAW.
- learning tools: alat yang mempermudah pemakai perangkat lunak CorelDRAW
mempelajari fasilitas yang disediakan.
- galeri: galeri digunakan untuk mengunjungi situs komunitas pemakai
CorelDRAW. Pada situs tersebut terdapat berbagai rancangan grafis
profesional yang menggunakan perangkat lunak CorelDRAW.
- updates: aplikasi yang digunakan untuk mengunjungi situs resmi
perangkat lunak CorelDRAW untuk berbagai keperluan. Salah satunya, yaitu
untuk memperbarui model sistem CorelDRAW.
3. Mengenal
Area Kerja CorelDraw
CorelDraw
menyediakan tool dan efek yang membuat kita dapat bekerja efisien untuk
menghasilkan sebuah gambar berkualitas tinggi. Dari beberapa versi perkembangan
CorelDraw, yang saat ini cukup baik untuk kita gunakan adalah CorelDraw versi
X3(13). Versi yang paling tinggi membutuhkan performa komputer (spesifikasi prosesor
,RAM, dan memori grafis ) yang tinggi pula. Untuk penggunaan standar ( Latihan
untuk membuat karya grafis sederhana ), versi yang lebih lama (versi 10, 11,
atau 12) pun sebenarnya cukup baik untuk digunakan.
a) Mengaktifkan
CorelDraw
1.
Klik tombol start
2.
Klik All Start
3.
Pilih CorelDraw Graphics suite X3
4.
Klik CorelDraw X3,akan tampil gambar
corelDraw
5. Lembar
kerja CorelDraw
1.
Hints
Hints berada pada sisi kanan kotak dialog utama sistem. Fasilitas
ini memberikan petunjuk apa dan bagaimana memproses suatu objek gambar/teks
2.
Title bar (A)
Title bar berisi informasi tentang aplikasi yang sedang aktif dan file yang dikerjakan. Apabila file itu belum pernah disimpan, maka secara otomatis akan diberi nama Graphic1.cdr, Graphic2.cdr dan seterusnya.
Title bar berisi informasi tentang aplikasi yang sedang aktif dan file yang dikerjakan. Apabila file itu belum pernah disimpan, maka secara otomatis akan diberi nama Graphic1.cdr, Graphic2.cdr dan seterusnya.
3.
Menu bar (B)
Menu bar berisi perintah mengenai file yang akan atau sedang dikerjakan. Perintah yang dapat dipilih adalah yang berwarna jelas, sedangkan yang berwarna buram (tidak aktif) menunjukkan bahwa perintah tersebut tidak sesuai dengan objek yang sedang dikerjakan. Yang ada di dalam menu bar adalah File, Edit, View, Layout, Arrange, Effects, Bitmaps, Text, Tools, Windows, dan Help.
Menu bar berisi perintah mengenai file yang akan atau sedang dikerjakan. Perintah yang dapat dipilih adalah yang berwarna jelas, sedangkan yang berwarna buram (tidak aktif) menunjukkan bahwa perintah tersebut tidak sesuai dengan objek yang sedang dikerjakan. Yang ada di dalam menu bar adalah File, Edit, View, Layout, Arrange, Effects, Bitmaps, Text, Tools, Windows, dan Help.
4.
Standart toolbar (C)
Standar toolbar berisi perintah-perintah standar. Standar toolbar dimiliki oleh semua aplikasi under windows, seperti membuka file baru (New), menyimpan file (Save), mencetak (Print), copy ke clipboart (Copy), menempel clipboard (paste), Cut, Undo untuk membatalkan beberapa perintah atau langkah terakhir, Redo untuk mengeksekusi kembali perintah terakhir, Import, Export, Application Launcher untuk mengeksekusi aplikasi Corel yang lain, Corel online untu mengakses situs web Corel. Dan Zoom Level untuk mengatur ukuran tampilan padablayar.
Standar toolbar berisi perintah-perintah standar. Standar toolbar dimiliki oleh semua aplikasi under windows, seperti membuka file baru (New), menyimpan file (Save), mencetak (Print), copy ke clipboart (Copy), menempel clipboard (paste), Cut, Undo untuk membatalkan beberapa perintah atau langkah terakhir, Redo untuk mengeksekusi kembali perintah terakhir, Import, Export, Application Launcher untuk mengeksekusi aplikasi Corel yang lain, Corel online untu mengakses situs web Corel. Dan Zoom Level untuk mengatur ukuran tampilan padablayar.
5.
Toolbox (D)
Toolbox adalah sekumpulan peralatan yang dapat digunakan untuk membuat dan mengatur gambar, garis dan warna. Untuk lebih mudahnya, sorot dengan mouse maka akan menampilkan namanya.
Toolbox adalah sekumpulan peralatan yang dapat digunakan untuk membuat dan mengatur gambar, garis dan warna. Untuk lebih mudahnya, sorot dengan mouse maka akan menampilkan namanya.
6.
Printable area (E)
Printable area adalah area yang bisa kita cetak dalam media kertas atau disebut juga drawing page.
Printable area adalah area yang bisa kita cetak dalam media kertas atau disebut juga drawing page.
7.
Color palette
(F)
Palet
warna berisi jenis-jenis warna yang bisa kita gunakan untuk fill maupun outline
objek sesuai dengan default warna yang kita gunakan.
C.
OPERASI DASAR CORELDRAW
1.
Objek Garis
Pada sistem CorelDRAW X4, objek garis dapat dibentuk melalui curve tool yang ada pada fasilitas toolbox. Adapun subalat pada fasilitas curve tool berupa: Freehand tool: alat ini digunakan untuk membentuk beragam garis lurus atau garis yang tidak beraturan.
Pada sistem CorelDRAW X4, objek garis dapat dibentuk melalui curve tool yang ada pada fasilitas toolbox. Adapun subalat pada fasilitas curve tool berupa: Freehand tool: alat ini digunakan untuk membentuk beragam garis lurus atau garis yang tidak beraturan.
a) Bezier
tool: alat ini digunakan untuk membentuk beragam garis lurus dan garis yang tidak
beraturan secara bersamaan.
b) Artistic
media tool: alat ini digunakan untuk membentuk berbagai objek garis artistik.
Dalam menentukan bentuk garis artistik tersebut, gunakan simbol yang ada di
sisi kiri fasilitas property bar, lalu tentukan spesifikasi konfigurasinya pada
sisi kanannya.
c) Pen
tool: pemakaian pen tool hampir serupa dengan pemakaian bezier tool.
d) Polyline
tool: pemakaian polyline tool hampir sama dengan freehand tool.
e) Point
curve tool: alat ini digunakan untuk membentuk garis melingkar dengan mudah dan
cepat.
f) Connector
tool: alat ini digunakan untuk menghubungkan beberapa objek gambar. Misalnya,
membentuk garis penghubung alur diagram.
g) Dimension
tool: alat ini digunakan untuk membentuk garis dimensi vertikal, horizontal,
diagonal, dan sebagainya. Untuk membentuk garis dimensi horizontal/vertikal
secara otomatis, gunakan simbol auto aimension tool yang terdapat di sisi kiri
fasilitas property bar ketika alat ini aktif.
2. Objek Gambar
Di dalam CorelDRAW, berbagai bentuk
objek gambar dapat dibuat. Berikut ini merupakan fasilitas toolbox yang berguna
membentuk berbagai objek gambar:
a) Rectangle
tool: alat ini dapat digunakan untuk membentuk objek persegi panjang atau
persegi.
b) Ellipse
tool: alat ini digunakan untuk membentuk objek lingkaran/elips.
c) Object
tool: alat ini dapat mempermudah/mempercepat proses pembentukan objek poligon,
bintang, spiral, dan tabel.
d) Perfect
shape tool: alat ini digunakan untuk membentuk berbagai objek gambar spesifik
secara mudah dan cepat. Misalnya, objek jajar genjang, balon, simbol diagram
alur, panah, dan lain sebagainya.
e) Table
tool: alat ini dapat digunakan untuk membuat tabel dalam format persegi atau
persegi panjang. Tabel ini tidak hanya dapat dimasukkan tulisan/teks, tetapi
dapat juga dimasukkan gambar ke dalamnya. Alat ini bisa digunakan untuk membuat
kartu pos, brosur, dan lain-lain.
f) Smart
Drawing: menggambar pintar adalah aplikasi baru yang ada pada CorelDRAW X4.
Smart drawing tool yang ada pada smart tool dapat digunakan untuk membentuk
objek gambar dari sketsanya.
3. Objek Teks
Objek
teks merupakan unsur yang paling sering digunakan pada rancangan grafis. Ada
yang membuatnya sebagai logo, teks artistik, bahkan mengubah objek teks menjadi
objek gambar. Objek teks dapat dibuat melalui text tool yang terdapat pada toolbox.
Setelah itu, objek teks dapat diproses melalui pick tools. Objek teks dapat
diproses sehingga membentuk bayangan, menjadi format 3D, dan lain-lain.
4.
Objek 2D
Menjadi 3D
CorelDRAW X4 memiliki fasilitas untuk mengubah objek taks/gambar 2D menjadi 3D. Fasilitas yang dapat digunakan untuk membentuk objek 2D menjadi 3D adalah sebagai berikut:
CorelDRAW X4 memiliki fasilitas untuk mengubah objek taks/gambar 2D menjadi 3D. Fasilitas yang dapat digunakan untuk membentuk objek 2D menjadi 3D adalah sebagai berikut:
Ø Extrude:
pada fasilitas toolbox terdapat interactive extrude tool di dalam interactive
effects tool. Setelah diaktifkan, format 3D dapat diatur melalui bagian presets
yang ada pada fasilitas property bar.
Ø Bevel:
bevel merupakan subalat untuk membentuk sudut dari suatu objek gambar/teks.
Bevel akan muncul dalam property bar setelah mengaktifkan interactive extrude
tool.
Ø Contour:
fasilitas contour di dalam CorelDRAW X4 disediakan untuk membuat salinan dari
suatu objek gambar/teks ke bagian dalam/luarnya. Contour dapat digunakan untuk
menimbulkan efek 3D dari suatu objek gambar/teks dengan cara mengubah warna
sisinya.
Ø Gradasi
warna: gradasi warna dapat dibentuk menggunakan fill tool, interactive fill
tool, atau mesh fill.
Ø Efek
bayangan: CorelDRAW menyediakan interactive drop shadow yang merupakan
subalat dari interactive effects tool untuk membuat efek bayangan
dari objek gambar/teks.
5. Warna
Pilihan warna terdapat dalam kotak warna. Namun, ada beberapa cara untuk
Pilihan warna terdapat dalam kotak warna. Namun, ada beberapa cara untuk
memberi
warna pada objek gambar/teks, yaitu sebagai berikut:
v Fill
& outline: pada fasilitas toolbox, sistem menyediakan fill tool untuk
mengatur isi objek gambar/teks. Sedangkan untuk mengatur garis pembentuknya,
sistem menyediakan outline tool.
v Eyedropper
& paintbucket tool: eyedropper tool digunakan untuk mengambil spesifikasi
warna atau atribut (properti, transformasi, dan efek) suatu objek gambar/teks.
Setelah itu, gunakan paintbucket tool untuk menyalin data tersebut pada objek
gambar/teks lainnya.
v Smart
fill: smart fill tool dapat mengisi warna pada sembarang bidang tertutup.
Misalnya pada perpotongan suatu objek tertentu.
6. Objek Artistik
Objek artistik dapat berupa teks atau gambar. Dengan menggunakan alat
Objek artistik dapat berupa teks atau gambar. Dengan menggunakan alat
tertentu,
suatu objek teks/gambar dapat terlihat berbeda dari biasa. Objek artistik
terdiri dari:
a) Garis
artistik (Objek Teks): teks yang artistik dapat dibuat melalui artistic media
tool yang ada pada toolbox. Teks apapun dapat dibuat karena penggunaanya
seperti menggambar atau menulis dengan bolpoin.
b)
artistik (objek gambar): gambar artistik
yang dihasilkan melalui artistic media tool adalah seperti sketsa gambar.
Penggunaannya sama dengan membuat garis artistik untuk objek teks.
c)
Efek distorsi: CorelDRAW menyediakan
interactive distort tool di dalam interactive effects tool. Efek distorsi dapat
diaplikasikan untuk objek gambar/teks sehingga dapat terlihat lebih artistik.
d) Smudge
brush (objek baru): melalui smudge brush tool, suatu sisi objek gambar dapat
ditarik sehingga akan membentuk gambar yang baru sesuai dengan keinginan.
Subalat ini dapat diakses melalui shape edit tool.
BAB III
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Dalam kemajuan teknologi software yang memiliki
multi fungsi untuk semua bidang. Seperti sofware coreldraw
yang memiliki banyak fungsi. Coreldraw merupakan salah satu aplikasi
software atau perangkat lunak editor grafik vektor yang dibuat oleh Corel untuk
membuat sebuah karya seni profesional, mulai dari yang simple seperti logo
sederhana hingga ilustrasi teknis yang rumit atau kompleks dengan pemrosesan
visual.
B. SARAN
Untuk membantu kita dalam pembuatan
grafis sebaiknya dipelajari cara pengoperasian coreldraw, banyak manfaat yang
diperoleh dari operasi perangkat lunak coreldraw.
Komentar
Posting Komentar